Kamis, 13 Januari 2011

Planet dan galaksi

PLANET

WASHINGTON - Para astronom mengaku telah menemukan sebuah planet yang panas yang dipenuhi materi gas, sedang mengorbit dengan cepat di antara bintang-bintang di galaksi.

Ilmuwan perbintangan mengklaim jika penemuan planet yang berasal dari luar galaksi ini merupakan yang pertama kali. Planet luar ini ditemukan oleh para astronom dari Max Planck Institute.

Dilansir melalui Straits Times, Jumat (19/11/2010), planet ini memiliki ukuran yang lebih besar dari ukuran Jupiter. Padahal Jupiter merupakan planet paling besar di tata surya. Belum lagi, planet terluar itu mengorbit di jarak 2.000 tahun cahaya dari bumi, dan diperkirakan akan masuk ke dalam jajaran galaksi bima sakti.

Exoplanet ini diyakini sebagai bagian dari Helmi, sekelompok bintang yang tersisa setelah setelah galaksi mini melebur dengan galaksi bima sakti, sekira enam hingga sembilan miliar tahun lalu.

"Penemuan ini sangat menarik karena jarak planet cukup jauh, tidak ada konfirmasi yang mendeteksi planet lain di luar galaksi. Tapi merger kosmik ini telah membawa planet yang jauh dari galaksi berada dalam jangkauan kita," ujar Rainer Klement dari Max Planck Institute.

3 komentar: